Rabu, 06 Februari 2013

EFTA


EFTA
EFTA adalah singkatan dari ‘European Free Trade Association’, didirikan tanggal 3 Mei 1960 sebagai sebuah blok dagang-alternatif untuk negara Eropa yang tidak mampu, atau memilih tidak bergabung dengan Komunitas Ekonomi Eropa.
Negara-negara anggota EFTA adalah :
·        Austria
·        Swiss
·        Denmark
·        Norwegia
·        Swedia
·        Portugal
·        UK
Tujuan didirikannya EFTA adalah untuk mengadakan perdagangan bebas antar negara anggota dan mendorong perdagangan bebas sebagai sarana untuk mencapai pertumbuhan dan kemakmuran di antara negara-negara anggotanya.
EFTA membawa sejumlah dampak positif bagi perdagangan dan pertumbuhan ekonomi kedua pihak. Walaupun pertumbuhan ekonomi tidak hanya dilihat dari tingkat ekspor-impor suatu negara tetapi tingkat ekspor-impor negara-negara yang melakukan kerja sama internasional di bidang ekonomi khususnya perdagangan bebas mengalami peningkatan tiap tahunnya. Kerjasamatersebut juga dapat memperluas pasar dengan meningkatnya access to market, dapat memperlancar arus perdagangan barang dan jasa, serta pergerakan modal dan tenaga kerja. Keuntungan lainnya yaitu mendapat perlakuan khusus pelaku bisnis bagi negara-negara yangmemiliki hubungan bilateral dengan EFTA.




Logo EFTA pertama kali adalah yang terdapat di sebelah kanan saat itu ada 7 negara anggota. Lalu pada tahun 1963 Finlandia masuk, 1970 Iceland masuk, pada tahun 1973 UK dan Denmark keluar dari EFTA, 1986 Portugal juga keluar, pada tahun 1991 Liechtenstein bergabung, dan pada tahun 1995 Austria, Finlandia, dan Swedia juga keluar. Maka terbentuklan logo menjadi seperti yang disebelah kiri.

Sumber :
http://id.scribd.com/doc/50942524/revisi-industri
http://www.efta.int/about-efta/50th-anniversary/efta-logos.aspx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar